SOEMPAH PEMOEDA


Mungkin ga ada yang tahu kalo hari ini adalah hari Sumpah Pemuda. Karena mungkin pada asik dengan kesibukan masing-masing kali sehingga ape lupa ama yang namanya sumpah pemuda. Tapi mungkin ada juga yang belum hafal atau belum ngerti isi dari sumpah pemuda itu sendiri. Bisa gawat tuh masa’ kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia, ga tau isi Sumpah Pemuda. Nah apa itu nyang namanya Sumpah Pemuda ???….Sumpah pemuda adalah sumpah setia yang telah diucapkan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dahulu atau yang lebih akrab disebut Kongres Pemuda II. Sumpah Pemuda ini lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda karena pada masa itu para pemuda berjuang untuk ikut memerdekakan Indonesia yang masih memiliki sifat kedaerahan. Walaupun sebenarnya tujuan utama mereka sama yaitu memerdekakan Indonesia. Tapi cara penyampaian mereka kurang tepat. Para pemuda beranggapan jika mereka bersatu dengan daerah lain, maka daerah mereka juga akan dikuasai.
images images

Gagasan kongres pemuda II ini berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Sehingga dalam perumusan Sumpah Pemuda ini dibagi dalam tiga kali rapat. Rapat pertama diadakan pada hari Sabtu, 27 0ktober 1928 di gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Para perumus berharap dengan adanya organisasi ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan dihati para pemuda. Sedangkan rapat ke-dua, pada hari Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop. Menyampaikan bahwa pendidikan anak di sekolah dan di rumah itu harus sama. Nah..Sumpah Pemuda ini merupakan tonggak lahirnya kesadaran bangsa Indonesia untuk bersatu. Makanya kita harus benar-benar memaknai arti sumpah pemuda bagi diri kita. Kalo bukan kita siapa lagi yang bisa menghargai bangsa kita.

Perjuangan berbagai golongan menentang kolonialisme dalam berbagai bentuk dan cara menggugah kesadaran politik berbagai golongan. Kongres pemuda yang bersifat lintas agama, lintas suku, lintas aliran politik itu akhirnya mencetuskan ikrar bersama yang amat besar artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia kemudian, yaitu Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda mempersatukan rakyat, baik semasa pemerintahan kolonial Belanda maupun selama revolusi.

Perjuangan tak lagi lokal dan kesukuan setelah itu.Trilogi janji setia itu adalah: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air yang satu, tanah air Indonesia; Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Momentum ini tercatat sebagai peristiwa penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia. Melaluinya kemerdekaan pun tergapai.
SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

JAYALAH SELALU INDONESIA !!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s