Virus ND Serang Unggas


PANGKALAN BUN – Virus Newcastle Deases (NI) juga mulai menyerang sejumlah unggas milik warga khususnya jenis ayam, sehingga banyak yang mati mendadak, seperti yang dialami oleh Hendra, warga RT 14 Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun yang beternak unggas sekian tahun ini mengalami kerugian akibat peliharannya mati mendadak.
Beberapa tahun lagu, dirinya juga mengalami nasib serupa yaitu unggas miliknya mati mendadak dan kini terulang lagi, ironisnya selalu terjadi di musim pancaroba seperti demikian.
“Tahun-tahun dulu juga pernah seperti ini. Sekarang terjadi begini lagi. Hewan peliharaan saya mati mendadak. Beberapa ayam saya tidak bias diobati”ujarnya.
Hendra enggan melaporkan kematian ayamnya secara mendadak ini kepada Dinas Pertanian Peternakan (Distanak), sebab dia memprediksi hal ini bukan jenis virus flu burung (H2N1).
“Sudah ada tim khusus yang siap turun kelapangan. Tim akan bergerak cepat seperti buser untuk menangani ancaman bahaya flu burung. Tapi, bantuan masyarakat tetap yang utama untuk bekerja sama dengan kita, misalnya segera melaporkan bila ada yang mencurigakan,”tegasnya.

sumber : Radar Sampit)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s