Tambang Zircon di Kumai Liar


KOTAWARINGIN BARAT–HK: Pemerintah daerah dan aparat keamanan, terkesan sengaja membiarkan sejumlah wilayah yang mengandung bijih zircon dieksploitasi besar-besaran di Kabupaten Kotawaringin Barat.
Di Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, hampir semua penambangan zircon tidak memiliki izin… Camat Kumai, Tengku Ali Syahbana me­ngungkapkan, selama ini di kecamatan belum satu pun terdapat dokumen pengantar perizinan dari sejumlah perusaha­an pertambangan zircon.
Penelusuran Borneonews, sejumlah industri pengelolaan/pertambangan zircon berlokasi di sejumlah desa. Di antaranya seperti di Desa Bumi Harjo, Sungai Kapitan, Sungai Ratik, Sungai Sekonyer dan Sungai Tendang.
Berdasarkan informasi dari Kecamatan Kumai, jumlah tersebut diperkirakan lebih banyak lagi.
“Mestinya, kalau berizin, mulai dari kelurahan kemudian ke kecamatan dan pemerintgah kabupaten ada tahapan perizin-annya. Walau pun hal itu harus ke pemerintah pusat, tetapi mestinya melalui dari bawah,” katanya. Ali juga menyayangkan, banyak lahan bekas galian pertambangan zircon, tidak direklamasi oleh perusahaan pertambangan (penutupan lahan kembali). Sehingga, me-ngakibatkan kerusakan lahan yang sangat parah.
Di Desa Bumiharjo, Kecamatan Kumai misalnya sebuah perusahaan bergerak di pertambangan zircon. Perusahaan ini dengan mudahnya mengebor di berbagai lokasi di desa itu, demikian juga dengan proses penyulingannya.
Berdasarkan keterangan dari pemilik perusahaan itu, dia mengeksplorasi bijih zircon di desa itu sejak empat tahun silam. Hasil zircon itu pun dikirim ke China melalui Pelabuhan Tanjung Kalaf.
Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kobar, Fahrizal Fitri mengatakan pihaknya juga akan mengecek ke lapangan, jika terjadi kerusakan akibat penggalian di desa tersebut. “Jika masuk pidana, kita serahkan ke polisi.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s