Ajak Masyarakat Taat Pajak Melalui Samsat Keliling


IMG-20170418-WA0040-696x392

Kabar Kobar, Pangkalan Bun – Dalam rangka turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kantor Samsat Pangkalan Bun sejak empat bulan terakhir rutin melakukan jemput bola kepada masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus pembayaran rutin Pajak Kendaraan Bermotor mereka, dengan melakukan kegiatan Samsat Keliling ke sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Kobar.

Dikatakan Kasat Lantas, AKP Asdini Pratama Putra bahwa sasaran yang dituju adalah masyarakat yang ingin membayar pajak, namun terkendala waktu dan lokasi kantor Samsat yang jauh dari tempat tinggal mereka. Dengan berkoordinasi bersama camat dan kapolsek setempat, Samsat Keliling akan mendatangi pusat keramaian dan melayani Pengurusan Pajak Kendaraan dan Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di kecamatan tersebut.

“Mulai Bulan Januari berkeliling ke masing-masing kecamatan disesuaikan dengan hari pelaksanan giat dan aktivitas masyarakat berdasarkan info dari camat dan kapolsek setempat,” kata Kasat Lantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra, Selasa (18/04).

Asdini menjelaskan, rentang waktu Januari hingga April 2017, sudah ada empat kecamatan yang disinggahi Samsat keliling diantaranya, Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kecamatan Pangkalan Lada, Kecamatan Pangkalan Banteng, dan sekarang, Selasa (18/04) di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam).

Meski demikian, Asdini mengaku animo masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor milik mereka dinilai masih kurang, lantaran kurangnya informasi yang didapat masyarakat dan tempat tinggal mereka yang jauh dari pusat perkotaan.

“Sementara masih kurang, mungkin kendala informasi yang diterima masyarakat sekitar masih belum merata, khususnya di pedesaan yang jauh dari pusat keramaian,” kata Asdini menjelaskan kepada awak media.

Asdini berharap, agar masyarakat memanfaatkan fasilitas layanan Samsat Keliling yang disediakan, menurutnya selain mempermudah masyarakat dalam pelayanan Pajak kendaraan, Samsat Keliling juga bermanfaat bagi masyarakat untuk taat terhadap kewajiban pajak dan peningkatan PAD Kobar. (Igo/One)

Sumber : Kobar News
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s