Masyarakat Pangkut dan PT.SINP-PBNA Gelar Budaya Adat Dayak Tomun


dy

KabarKobar, Pangkalan Bun – Masyarakat Pangkut Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat dan Managemen PT.SINP-PBNA yang merupakan anak perusahaan dari PT.Astra Agro Lestari menggelar ritual beberosih benua adat Dayak Tomun, Rabu kemarin (19/04) di menara SINP-PBNA.

Hadir dalam acara tersebut beberapa administratur yang ada di PT.Astra Agro Lestari (AAL) Area Borneo 1, Demang Arut Utara, Lurah Pangkut, dan Darsani yang merupakan tokoh masyarakat penggagas acara tersebut.

Tokoh Masyarakat Pangkut, Darasani mengatakan bahwa kegiatan adat dayak tomun ini dilaksanakan setahun sekali, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya, baik bagi warga Arut Utara pada umumnya, sekaligus mengenalkan budaya adat dayak tomun kepada warga pendatang.

“Kami juga mengenalkan kepada investor, agar pengusaha juga biaa mengenal adat dan budaya, dengan istilah dimana kaki dipijak disitulah langit di junjung,” ujar Darsani.

Begitu juga dengan Comunity Developmen Area Manager PT.Astra Agro Lestari Borneo 1, Nasri Ikhwan, yang mendukung pelestarian budaya yang ada di sekitar perkebunan PT.AAL B1, dan tidak hanya mendukung saja tapi dibarengi dengan dukungan infrastruktur, seperti pembuatan rumah adat dan tempat adat lainnya.

“Kami ingin dekat dengan warga disini, dengan begitu, silaturahmi antara kami selaku investor dengan warga juga terjalin dengan baik,” ujar Nasri Ikhwan.

Kegiatan diawali dengan potong pantan, tarian adat dayak tomun, dan adat pengangkatan saudara. (One)

 

 

Sumber : KobarNews
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s